Selasa, 03 Februari 2009

Messerschmitt Me 209 V1


Pesawat bermesin piston tercepat di dunia adalah pesawat Messerschmitt Me 209 V1 yang membuat rekor kecepatan 469.22 mph pada 26 April 1939. Pesawat diterbangkan oleh Flugkapitan Fritz Wendel. Pesawat ini mempunyai mesin yang didesain secara khusus, yaitu mesin berpendingin cairan terbalik duabelas silinder Daimler-Benz DB 601 ARJ yang dapat menghasilkan 1800 tenaga kuda dan dapat ditingkatkan hingga 2300 tenaga kuda. Pesawat ini selesai dibuat pada Juni 1938 dan terbang pertama kali pada 1 Agustus 1938.

Hanya beberapa minggu sebelum penerbangan Wendel (26 April 1939), pada 30 Maret 1939, Hans Dieterle (pilot berumur 22 tahun) menerbangkan Heinkel He 100 V8 pada kecepatan 463,92 mph untuk memecahkan rekor yang dibuat oleh Francesco Angello dengan pesawat Macchi-Castoldi MC-72 yang berkecepatan 440.7 mph. Rekor Dieterle hanya bertahan kurang dari satu bulan. Rekor milik Wendel bertahan hingga 30 tahun sebelum dipecahkan pada 16 Agustus 1969 oleh Darryl G. Greenamyer (kebangsaan Amerika) dengan pesawat F8F-2 Bearcat "Conquest 1" bertenaga 3.100 tenaga kuda, dengan kecepatan 481.041 mph. Beberapa bagian dari pesawat ME-209 V1 masih ada hingga sekarang dan disimpan di Polish Air Museum, Krakow

Me 209 pada awalnya dibuat untuk memecahkan rekor, tetapi akhirnya desain bodi pesawatnya dibuat menjadi Me 209 V4 dengan tujuan untuk mengembangkan pesawat suksesor Bf 109 akan tetapi akhirnya program ini dihentikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar