Selasa, 03 Februari 2009

Messerschmitt Me 309




Role: Fighter
Manufacturer: Messerschmitt
Designed by: Willy Messerschmitt
First flight: 18 July 1942
Retired: 1943
Status: Experimental
Primary user: Luftwaffe
Number built: 4
Developed from: Messerschmitt Bf 109


Messerschmitt Me 309 adalah purwarupa pesawat tempur Jerman yang didesain pada tahun-tahun awal PD II untuk menggantikan Messerschmitt Bf 109. Walaupun mempunyai banyak fitur canggih pada saat itu, performa Me 309 tidak memuaskan dan mempunyai banyak kendala pengembangan sehingga akhirnya dibatalkan dan hanya empat purwarupa yang dibuat. Me 309 adalah satu dari beberapa proyek gagal Messerschmitt yang bermaksud untuk menggantikan Bf 109, yang lainnya adalah Me 209 dan Me 209-II.


Desain dan Pengembangan

Proyek Me 309 dimulai pada pertengahan 1940, hanya beberapa waktu setelah Bf 109 menemukan lawannya Spitfire di Battle of Brittain, pesawat pertama yang mampu menandingi kecepatan dan performa Bf 109. Messerschmitt siap untuk mengantisipasinya dengan meningkatkan desainnya untuk menggantikan Bf 109. Akan tetapiRLM tidak merasa proyek ini terlalu penting dan hanya mendapat prioritas rendah yang mengakibatkan desainnya tidak selesai hingga akhir 1941.

Pesawat tempur baru ini mempunyai banyak fitur baru, seperti roda pendaratan tricycle dan kokpit bertekanan yang memberikan kenyamanan dan performa high-altitude yang efektif. Setiap fitur barunya telah diuji pada pesawat Bf 109F, V23 mempunyai sebuah radiator ventral, V31 dengan radiator dan roda pendaratan tricycle dan V30 mempunyai kokpit pertekanan.

Rendahnya ketertarikan pemerintah membuat tertundanya pembuatan purwarupa pertama hingga musim semi 1942 dan karena adanya masalah di roda hidung menyebabkan penerbangan pertama baru dapat dilakukan pada Juli di tahun yang sama. Ketika berhasil terbang, kecepatan yang dihasilkan cukup memuaskan, sekitar 30mph (50 kph) lebih cepat dari pada Bf 109G. Tetapi pada faktanya, setelah pesawat ini dilengkapi dengan persenjataan, kecepatannya menurun drastis hingga ke level yang tidak dapat diterima. Jeleknya performa Me 309 dan lebih menjanjikannya pengembangan Focke-Wulf Fw 190D, akhirnya pengembangan Me 309 dibatalkan.



Specifications (Me 309)
General characteristics
Crew: one, pilot
Length: 9.46 m (31 ft 0 in)
Wingspan: 11.04 m (36 ft 3 in)
Height: 3.90 m (12 ft 10 in)
Wing area: 16.6 m² (179 ft²)
Empty weight: 3,530 kg (7,766 lb)
Loaded weight: 4,250 kg (9,350 lb)
Powerplant: 1× Daimler-Benz DB 603G, 1,308 kW (1,750 hp)

Performance
Maximum speed: 733 km/h (457 mph)
Range: 1,100 km (686 miles)
Service ceiling 12,000 m (39,360 ft)
Wing loading: 256 kg/m² (52 lb/ft²)
Power/mass: 0.31 kW/kg (0.19 hp/lb)

Armament
2 × 15 mm MG 151 machine guns
3 × 13 mm MG 131 machine guns



Tidak ada komentar:

Posting Komentar