Jumat, 25 Desember 2009

Airbus A310




Tipe: Airliner
Produsen: Airbus
Pertama terbang: 3 April 1982
Diperkenalkan: April 1983
Pemakai: FedEx; Air India; Pakistan International Airlines; Air Transat
Diproduksi: 1983-2007
Jumlah dibuat: 255
Acuan: Airbus A300 Varian: A310 MRTT; CC-150 Polaris



Airbus A310 merupakan sebuah pesawat terbang berbadan lebar dengan jarak menengah-hingga-jauh yang dibuat oleh Airbus. Pesawat ini merupakan model kedua yang diperkenalkan oleh Airbus, dan merupakan versi pendeknya A300.

Sejarah

Jarak A310-300 melampaui semua model A300, dan A310-200 melampaui semua model A300 kecuali A300-600. Kualitas ini membawa A310 digunakan pada rute transatlantik. A300 dan A310 memperkenalkan konsep penyesuaian: pilot A300-600 dan A310 dapat membandingkan diri dengan pesawat lainnya dengan latihan satu hari.

Seperti pesawat kembarnya, A300, A310 mencapai akhir pasarnya sebagai pesawat penumpang dan kargo. Tidak terdapat pesanan pesawat A310 penumpang baru sejak 1990-an, dan hanya pesanan pesawat kargo yang mengalir. A310 (bersama dengan A300) menghentikan produksinya pada Juli 2007, tetapi lima pesanan dari Iraqi Airways masih tercatat. Penjualan pesawat kargo akan dimasukkan dalam pesanan A330-200F.

Pesawat ini diluncurkan pada Juli 1978 untuk Lufthansa dan Swissair. Sebuah pembangunan lebih jauh terhadap A300, pesawat ini awalnya melahirkan A300 B10. Merupakan "bayi" A300, perbedaan utama dari kedua pesawat tersebut adalah:
1. Badan lebih pendek - menyediakan kapasitas untuk 200 penumpang.
2. Sayap yang dirancang ulang - dirancang oleh British Aerospace yang bergabung dengan konsorsium Airbus
3. Fin vertikal lebih kecil

A310 dipasarkan sebagai perkenalan kepada operasi pesawat berbadan lebar. Dengan Airbus A330 yang sukses, pesanan terhadap A310 sepertinya tidak mungkin lagi. Antara 1993 dan 1997, 255 A310-an telah dikirim oleh Airbus.

A300 dan A310 menjadikan Airbus sebagai pesaing bagi Boeing dan berkembang lebih jauh dengan keluarga A320 dan A330/A340.



Varian

A310-200

A310 pertama, pesawat Airbus ke-162 yang selesai dari jalur perakitan, melakukan penerbangan perdananya pada April 1982 dengan mesin Pratt & Whitney JT9D. Seri -200 memasuki penerbangan komersial dengan Swissair dan Lufthansa setahun kemudian.


A310-200C

Sebuah versi yang dapat ditukar, kursinya dapat dilepaskan dan kargo diletakkan di dek utama.


A310-300

Terbang perdana pada Juli 1985, seri -300 memiliki MTOW yang ditingkatkan dan jarak yang makin jauh, disediakan oleh tangki bahan bakar tambahan pada penyeimbang horizontal dan tengah pesawat. Model ini juga memiliki winglet untuk menambah keefisienan pesawat, sebuah fitur yang pernah dipasang pada beberapa -200. Pesawat ini memasuki penerbangan komersial pada 1986, dengan Swissair. Tidak ada A310 kargo yang dibuat. Operator seperti FedEx merubah A310 bekasnya menjadi pesawat kargo. Beberapa merupakan versi -300.


A3100-300C

Sebuah versi yang dapat ditukar, kursinya dapat dilepaskan dan kargo diletakkan di dek utama.


A310 MRTT

A310 telah dioperasikan oleh beberapa angkatan udara di dunia sebagai pesawat angkut, bagaimanapun beberapa pesawat telah dikonfigurasikan menjadi "Multi Role Tanker Transport" oleh EADS, menyediakan kemampuan mengisi bahan bakar terbang. Enam pesawat telah dipesan; empat oleh Luftwaffe Jerman dan dua oleh Angkatan Bersenjata Kanada. Pengiriman dimulai pada 2004, Tiga pesawat ditukar di Elbe Flugzeugwerke EADS (EFW) di Dresden, Jerman; tiga lainnya di Lufthansa Technik di Hamburg, Jerman. Angkatan Udara Chili telah membeli dua A310 untuk menggantikan pesawat angkut dan tanker 7070-320 'Aguila". Pesawat pertama diterima pada Oktober 2007 (tanpa dimodifikasi sebagai MRTT), sementara yang kedua menjalani perbaikan dan transformasi ke MRTT; setelah pesawat tersebut diterima, pesawat pertama akan diperbaiki dan dimodifikasi. Kontrak untuk kedua pesawat melampaui US$100 juta, termasuk perubahan ke MRTT, latihan dan pemeriksaan.




HISTORY:
First Flight: (A310) 3 April 1982; (A300-300) 8 July 1985
Service Entry: April 1983 (with Lufthansa and Swissair)

CREW: 2 flight crew

PASSENGERS: 210 in three classes; 220 in two classes; 280 in one class

DIMENSIONS:
Length: 153.08 ft (46.66 m)
Wingspan: 144.00 ft (43.89 m)
Height: 51.83 ft (15.80 m)
Wing Area: 2,357.3 ft2 (219.0 m2)
Canard Area: not applicable

WEIGHTS:
Empty: 177,130 lb (80,345 kg)
Typical Load: unknown
Max Takeoff: 330,695 lb (150,000 kg)
Fuel Capacity: internal: 16,130 gal (61,070 L); external: not applicable
Max Payload: 72,445 lb (32,860 kg)

PROPULSION:
Powerplant: two General Electric CF6-80C2A2 turbofans or two Pratt & Whitney PW4152 turbofans
Thrust: (GE) 107,000 lb (476.0 kN); (PW) 118,000 lb (524.9 kN)

PERFORMANCE:
Max Level Speed: at altitude: unknown; at sea level: unknown
cruise speed: 545 mph (875 km/h) at 32,800 ft (10,000 m), Mach 0.8
Initial Climb Rate: unknown
Service Ceiling: unknown
Range max payload: 5,200 nm (9,600 km)
g-Limits: unknown


KNOWN OPERATORS:

Civil:
Aeroflot
Aerolineas Argentinas
Air Afrique
Air Algerie
AirCalin
Air Djibouti
Air France
Air India
Air India Cargo
Air Jamaica
Air Kazakhstan
Air Liberté
Air Niugini
Air Paradise International
Air Plus Argentina
Air Plus Comet
Air Transat
Antinea Airlines
Armenian Airlines
Austrian Airlines
Avion Aircraft Trading
AwAir International
Biman Bangladesh
Carnival Air Lines
China Eastern
China Northwest Airlines
Civil Aviation Administration of China (CAAC)
CSA Czech Airlines
Cyprus Arways
Delta Airlines
Emirates Airlines
Equatoriana
FedEx
Hapag-Lloyd
Iberworld
Iran Air
Kenya Airways
Khalifa Airways
Kibrish Turkish Airlines
KLM - Royal Dutch Airlines
KTHY Cyprus Turkish Airlines
Kuwait Airways
LAB Airlines
Libyan Arab Airlines
Lufthansa
MIAT (Mongolian Airlines)
Middle East Airlines
Midwest Airlines Egypt
Nigeria Airways
Oman Air
Pacific Airlines
Pakistan International
Pan American World Airways (Pan Am)
Praeda
Qatar Airways
Regionair
Royal Aviation
Royal Flight
Royal Jordanian Airline
Sabena
Sata International
Singapore Airlines
Sofia/Bulgaria
Sudan Airways
Swissair
TAP Air Portugal
Tarom
Thai Airways International
Transaero
Trans Mediterranean Airways
Turkish Airlines
United Airways
Uzbekistan Airways
VASP
Vietnam
Wardair
Yemenia Airways

Government/Military:
Belgium, Belgishe Luchtmacht/Force Aérienne Belge (Belgian Air Force)
Canada (Canadian Armed Forces, Air Command)
France, Armée de l'Air (French Air Force)
Germany, Deutsche Luftwaffe (German Air Force)
Pakistan, Pakistan Fiza'ya (Pakistani Air Force)
Spain, Ejército del Aire Española (Spanish Air Force)
Thailand, Kongtap Agard Thai (Royal Thai Air Force)



Diterjemahkan secara bebas dari: www.fas.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar