Jumat, 25 Desember 2009

Antonov An-22 Antei ASCC codename: Cock, Heavy Transport





Deskripsi

Sebelum diperkenalkannya C-5 Galaxy, An-22 Antei (Antheus) merupakan pesawat terbesar di dunia, dan sampai sekarang merupakan pesawat bermesin turboprop terbesar hingga saat ini. An-22 memakai desain pesawat transport kargo tradisional dengan sayap terpasang tinggi di badan pesawat yang memungkinkan ruang kargo sepanjang 108 kaki (33m) dan dengan volume kargo 22.500 kaki kubik (639 meter kubik).

Faktanya, An-22 pada dasarnya merupakan versi yang “dibesarkan” dari An-12 kecuali desain ekornya yang didesain ulang menjadi sirip ekor vertikal kembar. Pesawat ini menghasilkan performa luar biasa dengan pemakaian empat mesin turboprop yang sangat powerful, masing-masing memakai baling-baling contra-rotating yang menghasilkan slipstream signifikan di atas sayap.

Dikombinasikan dengan “double-slotted flaps” besar sepanjang ujung belakang sayap, An-22 mampu beroperasi pada landasan pacu yang relatif pendek untuk pesawat seukurannya. Dengan mesinnya yang powerful ini, pesawat ini juga telah membuat beberapa rekor dunia daya angkut dan daya angkut-ke-ketinggian. Roda pendaratannya dibuat tidak rata untuk pengoperasian di medan yang kasar, dan tekanan bannya dapat diatur pada saat terbang untuk mengoptimalkan performa pendaratan. Bodi pesawat bagian depan yang bertekanan menyediakan ruang untuk 5 sampai 8 awak dan sampai 28 penumpang, tetapi ruang kargonya tidak bertekanan sehingga memungkinkan pintu kargo dibuka saat terbang untuk paradrops.

Walaupun 100 pesawat An-22 telah dipesan oleh AU Soviet dan Aeroflot, tetapi hanya sekitar setengahnya yang dibuat. Sekitar 45 masih beroperasi pada pertengahan 1990an, sebagian besar dengan AU Russia, tetapi secara perlahan digantikan dengan An-124.




HISTORY:
First Flight: 27 February 1965
Service Entry: 1968 (?)

CREW:: 2 pilots, 1 flight engineer, 1 navigator, 1 radio operator

PASSENGERS: 28

DIMENSIONS:
Length: 189.96 ft (57.90 m)
Wingspan: 211.28 ft (64.40 m)
Height: 41.11 ft (12.53 m)
Wing Area: 3,713.67 ft2 (345.00 m2)
Canard Area: not applicable

WEIGHTS:
Empty: 251,325 lb (114,000 kg)
Typical Load: unknown
Max Takeoff: 551,155 lb (250,000 kg)
Fuel Capacity: unknown
Max Payload: 176,370 lb (80,000 kg)

PROPULSION:
Powerplant: four Kuznetsov NK-12MA turboprops
Thrust: 60,000 shp (44,744 kW)

PERFORMANCE:
Max Level Speed: at altitude: 460 mph (740 km/h); at sea level: unknown
cruise speed: 375 mph (600 km/h)
Initial Climb Rate: unknown
Service Ceiling: 32,780 ft (10,000 m)
Range: typical: 2,700 nm (5,000 km) with max payload; ferry: 5,910 nm (10,950 km)
g-Limits: unknown

KNOWN VARIANTS:
An-22: Production heavy transport; between 50 and 100 built
(?): A model exists that carries outsize cargo piggy-back above the fuselage, can be distinguished by a third tailfin
(?): Proposed civil airliner version to seat 724 passengers on upper and lower decks; not built

KNOWN OPERATORS:
Civil: Aeroflot
Military: Russian Air Force




Diterjemahkan secara bebas dari: www.fas.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar